Breaking News

5 Pasif Income Paling Cocok 2024

Kunci buat jadi kaya itu harus gabungin active income alias naikin skill kerja keras ngebangun karir atau bisnis dengan naikin passive income dan passif income ini itu juga bisa kebagi jadi dua kategori untuk membangun kekayaan dan untuk menjaga kekayaan tentu setiap orang ini pasti punya strategi dan risk eptite yang berbeda-beda ya tapi buat sedikit gambaran umur gue ini udah 30-an dan gua udah ada istri dan dua anak otomatis gua enggak bisa terlalu agresif ilustrasinya itu kayak gini Gua suka pindah-pindahin rasio Porto antara yang untuk membangun kekayaan dan yang untuk menjaga kekayaan misalnya kalau misalnya gua expect market itu bakal jelek atau udah pada gedy harga-harga itu udah pada di atas nilai intrinsic gua bisa pindahin pelan-pelan sampai sisa 20% itu di sini dan 80% itu di sini Tapi sebaliknya biasanya gua tetap taruh seminim minumnya itu 30% di sini saat lagi Bull Run atau mau seberapa pd-nya gua sama Porto agresif soalnya tadi ya gua udah punya tanggungan jadinya gue ini engak bisa all in gua bakal bahas satu peratu let's go.

1. DIGITAL BANK

yang pertama digital bank tujuan gua invest di sini buat muterin duit harian gua supaya enggak terlalu digerogotin sama inflasi bunganya itu bisa 7,5% per tahun ya Dan ini gross tapi resikonya enggak ditanggung sama LPS yang biasa gua pakai itu kayak bank ne commmerce atau cbank kalau misalnya di bank ne commommerce ada beberapa cara buat dapatin Cuan misalnya kalau kita endepin duitnya aja kita itu bisa dapat 5% setahun tapi yang gua lebih sering pakai itu deposit flexi ini tenornya itu bisa 1 3 6 12 bulan dan bunganya itu bisa sampai 7,5%. tapi plusnya itu kita bisa narik duitnya kapanp jadi kalau misalnya kita sudah ngunci 6 bulan tiba-tiba di tengah jalan kita butuh duitnya kita tetap bisa Cairin dengan konsekuensi bunganya itu Sisa 2%. bukan bunga yang tertulis di sini bunga dari bank digital ini juga harus dikurangin pajak 20% ya jadi netnya itu kira-kira 5 sampai 6% kenapa gua taruh di beberapa digital bank termasuk di bank-bank lain Enggak cuman di salah satu aja soalnya bunga yang ditawarin sama bank digital ini lebih tinggi dari batas ketentuan LPS Jadi kalau misalnya sampai bank-bank ini amit-amit bangkrut duit gua itu terancam hilang dan enggak bakal bisa balik ketentuan LPS itu maksimal 2 miliar per nasabah per bank dengan bunga 4,25% saat ini makanya walaupun bank digital ini backingnya perusahaan gede-gede Kayak misalnya bank neocommerce yang dibacking sama akuaku yang juga diinvest oleh jackma cbank yang juga dibacking sama shopee gua lebih memilih buat ngurangin resiko masa depan enggak ada yang tahu kan udah dikasih cara buat ngurangin resiko masa kita enggak mau ambil.



2. REKSADANA

Rexadana spesifiknya PTO Gua paling utama itu di rdpt atau di rdpu dan tujuan utama gue invest di sini itu buat nyimpan dana darurat uang sekolah anak duit perusahaan-perusahaan gua soalnya volatilitas rdpu maupun rdpt itu relatif rendah dan dari segi return pun gua expect 4,5 sampai 5,5% untuk rdpu dan 6 sampai 7an% untuk rdpt dan ini udah enggak perlu kepotong 20% lagi ya Soalnya ini udah net lu bisa cek di fun fact shet 10 efek terbesarnya itu apa dan ini salah satu contoh aja ya di danaama stabil isinya itu Sinarmas Multifinance obligasi pemerintah Merdeka copper gold nah kalian harus cari yang underlying aset perusahaannya ini bagus bukan Samsam gorengan kayak dulu kasusnya jiwa Seraya dan gua pakai aplikasi Makmur buat Rex danana menurut gua Makmur itu aplikasi yang paling Cuan dan agresif saat ini contoh gua lihat mereka itu ngaktifin promo 3%-nya lagi ini khusus untuk new user ya Dan ini kerasa banget loh misalnya di danama stabil di aplikasi Lin kalian bakal dapat 5,6% tapi di Makmur kalian bisa dapat 8%. Star Stable income fund di aplikasi Line itu 6% di Makmur bisa dapat 9%. Capital fixed income fund 6,86% dan itu bisa hampir jadi 10%. tentu performa sejarah tidak menggaransi hasil masa depan tapi misal deh Star Stable income fund itu unjlock tiba-tiba ngasih 3% setahun minimal kalau misalnya lu pakai promo lu itu masih dapat 6% dibandingin di aplikasi lain 3%. dan kalau misalnya untuk existing user kalian tinggal lihat sendiri aja ya Promonya itu suka gontaganti tapi bonusnya biasanya antara 1 sampai 2%. lalu di Makmur ada 13 rdpu yang ngasih return di atas 4,5% dan ada pilihan juga buat cairin same Day untuk rdpt ada 5 yang ngasih antara 6 sampai 7an%. jadi pilihannya ini banyak ya pastikan lu ini juga tetap diversifikasi manaranya sama ada cara gratis buat nurunin resiko jangan Masih all in apalagi lagi gua juga masukin duit PT di sini jadi gua pentingin stabilitas dengan return yang lumayan tapi banyak yang enggak paham juga bahwa rdpt dan rdpu itu bisa jadi peluru untuk offensif loh di momen-momen tertentu return-nya itu bahkan bisa lebih tinggi daripada saham Bitcoin dan altcoin kenapa ini bisa jadi alat offensif rdpu dan rdpt ini bisa dicairin kapanpun tanpa penalti apalagi rdpu yang same 

Day Jadi waktu lagi ada fear di market kayak kejadian Black SW kemarin waktu eskalasi Ir dan Israel gue jadi punya peluru buat beli barang di harga diskon Emang ada orang yang taruh pelurunya itu di Stable coin ya Misalnya di usdt atau usdc tapi gua pribadi lebih percaya sama negara Indonesia dibandingin sama perusahaan di Hong Kong yang bilang duit gua itu aman jadi waktu Bitcoin sempat turun ke R85 juta gua jadinya punya peluru buat pindahin rdpu atau rdpt gua dan pasang limit order beberapa kali di aplikasi peluang Terus waktu sekarang balik lagi ke r.iar70 atau Rp0 juta gua jadinya punya pilihan buat balikin lagi ke rdpu atau rdpt di makbur Soalnya ini duit yang seharusnya itu bukan porsi agresif tapi gara-gara gua disiplin nabung di rdpu atau rdpt kalau misalnya lagi ada kesempatan gua jadinya bisa punya kesempatan buat beli di harga bawah dan gua udah berkali-kali bilang di IG Story ya bahwa pada periode kemarin ini probabilitas untuk eskalasi itu harusnya jauh lebih kecil daripada probabilitas untuk tidak eskalasi dan kalau misalnya lu tipe-tipe yang beli altcoin diskonnya itu bisa lebih dalam lagi kayak misalnya xrp dan avaleng itu sampai minus 30% dalam 3 hari jadi di momen-momen kayak gini edpt dan edpu itu bisa jadi peluru buat lu offensif terutama yang pencairan same Day dan kalau misalnya pelurunya lagi enggak dipakai gua enjoy 4 sampai 7% upside ini makanya rexadana itu porsi terbesar gua di Porto konservatif soalnya fungsinya itu ada dua Bisa jadi untuk stabilitas dan bisa juga untuk jadi peluru saat ada kesempatan buat dapetin Cuan yang lebih lalu porsi Porto agresif gua saat ini ada 

3. CRYPTO

Crypto itu terutama di Bitcoin tujuan gua tentu karena gua expect return yang tinggi ya apalagi kebetulan gua masuk dari 30-an ribu jadi floating profit gua itu udah kerasa banget dan Berdasarkan sejarah setelah halving itu ada potensi Cuan lebih dari 100%. walaupun resikonya juga seimbang ya apalagi kalau misalnya ada Black SW events kalau misalnya minus itu bisa sampai minus banget dan di dunia crirypto menurut gua harus sangat sensitif sama Kapan orang-orang itu udah pada mulai fomo dan pada griedy soalnya nanti kalau misalnya harga nya udah naik ketinggian gua bakal lebih agresif buat ngurangin muatan gua di sini tahun lalu gua udah jelasin ya buat gua super obvious gua dulu berani masuk super gede soalnya probabilitas buat Bitcoin naik itu jauh lebih tinggi dari pada probabilitas buat dia turun, di 2024 katalisnya itu ada Banyak Ada etf approval ada Bitcoin halving ada pil press di Amerika ada potential Federal fund rate Cut dan sejak gua beli Emang ada perubahan beberapa katalis contoh inflasi Amerika itu ternyata lebih persisten dibandingin yang awal nya kita antisipasi jadi ada potensi suku bunganya itu ditahan di titik yang tinggi lebih lama lalu sempat kemarin ada ketegangan antara Iran dan Israel dan Sebenarnya gue surprise juga soalnya sebelum gue invest gua udah pelajarin sejarahnya Bitcoin dan gua udah siap dengan draw down 20-an%, 30-an% 60-an% kayak kemarin di siklus tahun 2020 Tapi inilah cara gue invest kalau misalnya gue invest Gua maunya itu invest kalau misalnya kans buat gua menang itu 80 sampai 90% gara-gara katalisnya itu ada banyak Jadi kalau misalnya satu sampai dua itu invalid hati gua masih Tenang masih ada katalis-katalis lain yang bekerja salah satu aplikasi utama gua buat beli crirypto itu di peluang gua udah sempat bandingin antara beberapa aplikasi di video tahun lalu tapi kalau misalnya duit lu udah gede pastikan kalian pelajarin tentang cold Wallet Belinya di exchange tapi kalau misalnya duit kalian udah gede dan kalian mau hold long term kalian bisa hold di cold Wallet lalu di peluang gue juga beli Sam Amerika Menurut gua kalau misalnya kita fokus nyari Sam yang bagus banyak opportunity untuk bisa an 40 sampai 60% setahun dan ini bukan di perusahaan yang aneh-aneh yang kita investasinya itu cuman modal spekulasi ya Tapi gua cuan gede di Google Amazon Microsoft dan kalau misalnya kita lihat kayak gini kapan lagi Google didiskon 36%. kapan lagi Microsoft did diskon hampir 25% kapan lagi Disney di diskon 39%, kapan lagi Amazon di diskon 48%.

3. SAHAM AMERIKA

Saham Amerika tentunya buat dapetin capital gain yang tinggi dan juga dapetin penguatan di foreign exchange Ali alias mata uang jadinya gua expect seminim-minimnya itu 15% setahun dalam jangka panjang resisikonya ya sama kayak investasi diam pada umumnya ya kalau misalnya salah pilih bukannya tambah lama tambah kaya tambah lama malah bisa tambah miskin makanya menurut gua yang paling masuk akal untuk mayoritas orang invest itu invest di etf spy atau qqq Spy itu etf yang mirroring s&p 500 dan qqq itu yang mirroring Nest deck 100 s&p 500 itu sebuah basket yang ngetraack 500 perusahaan yang besar di stock exchange America sedangkan Nest deck 100 itu yang ngetrack 100 perusahaan besar tapi lebih berat ke teknologi dan tidak ada perusahaan finance Jadi enaknya lu itu bukan invest di saham satu peratu tapi lu investnya itu di Top 500 perusahaan di Amerika atau di 100 perusahaan besar yang lebih berat ke perusahaan kayak Apple, Amazon, Nvidia, Microsoft, Meta secara performance s&p 500 itu ngasih return sekitar 7,5 sampai 11% per tahun sedang nestch 100 itu ngasih return 13 sampai 20% per tahun ini data dari return rata-rata 20 tahun 10 tahun dan 5 tahun terakhir ya Jadi range-nya ini udah diback test lumayan panjang dan secara historical nasdaq 100 return-nya ini emang lebih tinggi tapi lebih volatal kalau misalnya turun lebih turun kalau misalnya naik lebih naik dan gara-gara rupiah tercinta kita itu selalu melemah 3% dari tahun ke tahun return teradap rupiah itu jadinya 11 sampai 14% untuk SMP 500 dan 16 sampai 22 per untuk nestdeck 100 Jadi kalau misalnya percaya dalam jangka panjang perusahaan-perusahaan di Amerika itu bakal terus berinovasi bakal terus bertumbuh bakal tambah Cuan lu enggak usah pusing Pilih satu persatu fitur dca-nya itu udah ada tinggal pencet more recurring buy add recurring buy lalu search Spy atau qqq sisanya tinggal Dici aja lalu add recurring buy kenapa gua dari dulu sangat Pro investasi di etf Index soalnya itu juga yang disaranin sama Warren Buffett This Time I went back uh actually the 1942 when I bought my first stock As an Illustration of all the things that have happened since 1942 We've had We've had 14 presidents seven republicans seven democrats We've had We've had World Wars we had 911 we had the cuban missile Crisis we have all kinds of things the best single thing you could have done on March 11th 1942 when I bought my first dock was just by an index fund and and and never look at a headline never think about stocks anymore just like it would do if You bought a farm you just buy the farm let the let the tenant Farmer Run it for you and I pointed out that if youd Put $10,000 in an index fund that reinvested dividends and I paused for a moment to let The audience try and guess How much it amount to and it would come to 5$1 Million now and the only thing you had to really believe in then is that America would Win The War and that America as it has ever since 1 and that American business America forward American business would move for you didn't have to worry about what stock to buy you didn't have to worry what day to get In And Out You didn't You didn't know The Federal Reserve would Exist In guaerusnya itu adalah di saham Indonesia tujuan potial benefit danikonya iniamaja yaak di amat gua itu cuman masalah stock universe-nya aja yang gua potentially invest kalau misalnya di Amerika di masing-masing sektor dan industri itu ada Leadernya yang menarik tapi kalau misalnya di Indonesia cara mainnya itu harus sangat berbeda nih mau nama-nama perusahaan-perusahaan gede Kayak misalnya Telkom, Astra, saratoga, goto, Bukalapak, Pik 2, BSD samam-samnya PPP ini khusus orang-orang yang Advance dan ngerti kapan buat keluar masuk gua tahun lalu lumayan ngikutin go toh ya masuk keluar masuk keluar masuk keluar dan tahun lalu gue juga masuk lumayan B di Pani tapi ini khusus buat lu yang ngikutin perusahaannya kompetitornya corporate action-nya kepentingan-kepentingan owner itu kayak gimana Dan kalau misalnya lu enggak fokus-fokus amat apalagi enggak fokus di value investing Mendingan jangan pegang saham di luar dari banking sektor gua saranin jangan kreatif-kreatif amat buat Kebanyakan orang Universe Sam yang baik untuk diinvest itu sangat-sangat terbatas cuman masuk akal buat invest di sektor banking yang gede-gede kayak misalnya di Mandiri dan juga di BCA Kenapa nyari saham itu sulit prinsip ini sama ya mau Sam Indonesia atau Sam Amerika Tapi kalau misalnya kita mau investasi di saham secara jangka panjang kita maunya itu nyari di perusahaan yang bertumbuh secara konsisten sehingga kalau misalnya pertumbuhan perusahaannya ini sehat dan cash flow-nya ini terus bertumbuh dari tahun ke tahun nilai intrinsik perusahaan tersebut juga bakal naik secara konsisten dan yang namanya market harganya itu sering kali berbeda dengan nilai intrinsik perusahaan Bentuknya itu kayak gini naik turun naik turun naik turun makanya kalau misalnya kita investasi sih cara cuannya itu cuman ada dua lu bisa Pilih perusahaan yang bagus dan kalau misalnya lu salah beli pun salah timing lu belinya kemahalan suatu saat nilai intrinsik perusahaannya ini bakal ngelewatin harga beli lu 

Makanya kalau misalnya lu lakukan DCA Itu otomatis lu bakal average out lu beli di pucuk lu beli di bawah Enggak Pakai emosi sehingga harga lu beli itu rata-rata bisa mendekati nilai intrinsiknya cara kedua untuk investasi di some individu adalah dengan value investing biasanya dengan discounted cash flow dan juga check comparables dari segi pe ratio PS Ratio pbv dan lu berharap lu ini bisa dapat di harga bawah sehingga lu bisa dapat Selisih dari sini tapi yang sulit adalah Enggak semua nilai intrinsik perusahaan itu terus mengalami kenaikan 

Coba aja misalnya Unilever omsetnya naik Habis itu staknan habis itu malah turun sehingga kalau misalnya lu memutuskan Beli cuman gara-gara buy the diep alias lu beli cuman gara-gara harganya itu terkoreksi bisa Gawat kalau misalnya lu ini enggak bisa membedakan apakah penurunannya itu itu gara-gara cuman fluktuasi harga atau ini emang beneran penurunan nilai intrinsik dan kalau misalnya lu enggak paham value investing passive income lo ini bukannya tambah lama bikin lu tambah kaya tapi tambah lama bikin lu ini tambah miskin ini kenapa walaupun Gua suka masuk keluar masuk keluar buat Kebanyakan orang mendingan cari perusahaan yang tumbuhnya itu stabil lalu passive income.

4.Buku Tentang Business 101 
buku tentang business 101 cara marketing Gimana cara mulai bisniness Gimana cara fundraising dan dapatin duit dari investor gimana ini gua lagi eksperimen ya mungkin hasilnya gua baru bisa ngomongin di tahun depan tapi gua bakal ngadain acara pre launching yang paling keren event Finance dan bisnis nomor satu di Indonesia soalnya Ini pertama kalinya acara preaunching buku itu di studio TV Kompas berbarengan sama teman-teman gue yang jago di masing-masing bidang dan tiket vip-nya ini udah sold out dari kemarin-kemarin ya enggak lama habis gua infoin tentang acara ini di IG Story gua anggap buku ini tipe-tipe kerjaan yang gua keluarin effort dulu di awal tapi nanti gua bakalan dapat royalty di kemudian hari duitnya berapa tergantung Apakah ini bisa masuk dalam kategori bestseller atau Mega bestseller menurut timnya kompas ini sih bakalan jadi Mega best seller mungkin gara-gara itu gua dikasih launching di studio tv-nya Kompas cuman gua enggak tahu ya gue juga enggak mau GR toh Ini pertama kalinya gua bikin buku jadi passive income ini bisa macam-macam bukan cuman dari instrumen investasi aja bahkan banyak orang yang bilang ngonten atau nge- 

5. YOUTUBE
YouTube itu bisa jadi passive income juga soalnya kita tinggal bikin video ngoceh-ngoceh sebentar duduk manis habis itu Tinggal tunggu langsung dapat duit tapi pengalaman gua itu omong kosong ya mungkin di beberapa negara lain Bisalah Kalau misalnya dibayarnya itu pakai dolar setahun terakhir gua itu cuma dapat sekitar r70 juta dan satu video long form yang dapat 760.000 views itu aja cuma dapat R jutaan satu video short yang dapat 2,2 juta views gue cuma dapat r00an r000 jadi simpelnya setiap penonton long form gua itu dapat hampir Rp10 mungkin kesannya lumayan ya Wih uang gratis r-an juta sebulan tapi ini nothing money ya apalagi kalau Misalnya ini tuh belum dihitung biaya OB video editor listrik sewa tempat videografer equipment-eipment yang kalau misalnya dihitung-hitung itu duitnya basically sangat-sangat kecil Lah emang benefit Nge YouTube itu banyak gua jadinya bisa networking sama orang-orang keren bisa saling belajar dan ada yang hasilnya itu bisa jadi berbisnis bareng tapi itu gua harus lakukan secara aktif dan kebetulan gua punya skill terutama di Digital marketing operations product Finance fundraising makanya kita jadinya bisa berbisnis bareng jadi duit dari AdSense itu enggak ada apa-apanya boro-boro itu dilihat sebagai income pasif mungkin youtuber-youtuber yang jauh lebih hebat daripada gua yang bisa dapatnya itu jutaan-jutaan views itu bisalah apalagi Emang trend daily income-nya ini naik ya dulu yang cuman gua dapat ratusan ribu per hari sekarang udah bisa dapat jutaan per hari tapi gua yakin kalau misalnya suatu saat overpost bisa sampai punya 1 juta subscriber pun duit dari Ads itu enggak ada apa-apanya dibandingin sama opportunity lain yang gua bisa dapetin secara aktif justru gua malah lebih anggap makai kartu kredit itu itu lebih passif income daripada nge-youtube makai kartu kredit kok passif income aneh banget lu gini gini Lu tahu enggak sih kalau misalnya lu bayar pakai cash lu itu sebenarnya buang-buang duit ini gua kasih contoh ya kalau misalnya lu beli iPhone harganya itu Rp2 juta lu dikasih pilihan bisa bayar pakai cash transfer atau kartu kredit anggap aja pilihannya cuma tiga ini kalau misalnya lu bayar pakai cash lu Berarti bayar Rp2 juta toko dapat Rp20 juta kalau misalnya lu transfer duit lu itu bayar Rp0 juta toko dapat rp1.990.000an dan penengah ini dapat Rp4.000 kalau misalnya lu bayar pakai kartu kredit lu bayar Rp20 juta dan toko itu dapatnya cuman rp1.420.000 2,9%-nya itu diicharge sama kartu kredit alias rp580.000 dan kartu kredit yang bagus lu itu bisa dapat cashback sekitar 1% alias Rp200.000 jadi angka finalnya itu kira-kira 19,8 juta do 19,42 juta di toko dan sisanya itu penengah dan gara-gara cashback ini gua setiap tahun Ah dapat barang-barang gratis ya gua dapat iPhone 13 Pro Max iPhone 14 Pro Max MacBook a dari cashback cashback ini yang paling penting gue selalu belanjain barang barang yang Gua emang udah punya cash-nya buat bayar di akhir bulan dan gua enggak pernah sekalipun ngutang ini yang jualan di toko-toko mungkin pada enggak happy ya sama gua gua ngebongkar kayak gini tapi ya lu mau pilih yang mana mau beli iPhone Rp juta atau 19,8 juta kartu kredit yang gua pakai itu biasnya chrisf Infinite dan ucbc voyager ini yang paling utama yang gua pakai ya soalnya kalau misalnya dihitung cashback-nya saat ini nih ini yang paling gede Walaupun ada minimum spending supaya bisa masuk akal kalau misalnya buat yang relatif pemula gua saranin pakai BCA crris flyer aja ini kalau misalnya angkanya itu masih di bawah kira-kira 30 sampai R50 juta sebulan ya semoga video ini ngebantu menurut lu kayak gimana Apakah perlu ada video update apa aja passive income gua setiap 6 bulan atau setiap tahun anyway gua saranin semua orang buat nonton video ini tentang game theory menurut gua ini bakal ngubah cara lu menjalankan hidup

No comments