Breaking News

Apa Yang Kita Lakukan Saat Menerima Pesan Spam

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan jika mendapatkan pesan semacam itu?

Pertama, jika mendapatkan SMS berisi tautan serupa, perlu mencegah dengan TIDAK MEMBUKA link di dalam SMS tersebut. Segera hapus SMS tersebut, terutama jika datang dari nomor tidak dikenal atau nomor kenalan baru.

Kedua, untuk korban yang sudah membuka link tersebut dari ponsel, terutama Android, segera pasang antivirus semacam Malwarebytes agar bisa segera membersihkan ponsel dari kemungkinan sudah diretas dengan spyware di dalamnya.

PESAN SINGKAT DARI NOMOR HP YANG TIDAK DIKENAL

Ketiga, jika merasa yakin ponselnya sudah terkena, tetapi tidak bisa menemukan, korban sebaiknya menyetel ulang (factory reset) ponselnya untuk membersihkan ponsel dari kemungkinan sudah terkena spyware.

Terakhir, jika ponsel sudah melakukan aktivitas-aktivitas di luar kebiasaan, misalnya mengirim SMS sendiri tanpa kita tahu atau hidup mati sendiri, sebaiknya memikirkan kemungkinan untuk berganti atau bertukar ponsel dengan orang lain.

Panduan mitigasi ini dibuat oleh SAFEnet dengan dukungan AccessNow untuk merespon kemungkinan terjadinya serangan digital melalui SMS. Panduan ini disusun dengan kemampuan keamanan digital dasar hingga menengah sehingga diperlukan penilaian dan mitigasi lebih lanjut oleh orang yang lebih ahli jika memungkinkan.

Sumber : SAFENET

No comments