Breaking News

5 Sumber PASSIVE INCOME untuk FINANCIAL FREEDOM

5 Sumber PASSIVE INCOME untuk FINANCIAL FREEDOM Siapa yang ingin financial freedom atau bebas keuangan? tapi kali ini kita akan bedah 5 sumber pasif income dan cara mendapatkannya.


Hai guys, apakabarnya semoga kamu makin melek finansial ya..!! Banyak teman- teman yang bertanya, maupun juga email untuk request pembahasan tentang financial freedom atau kebebasan keuangan. Nah, mari kita samain dulu persepsinya mengenai fisnancial freedom. 

Financial freedom itu adalah kondisi di mana kita itu tidak harus bekerja dan punya penghasilan untuk membiayai pengeluaran kita.

Financial freedom, atau kebebasan finansial, adalah kondisi di mana seseorang tidak lagi khawatir tentang masalah keuangan. Dengan mencapai financial freedom, seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, mempersiapkan pensiun dini, dan fokus pada apa yang benar-benar mereka nikmati dalam hidup.

Untuk mencapai financial freedom, seseorang dapat: 

  • Mengatur manajemen keuangan dengan baik, mulai dari pemenuhan kebutuhan pokok hingga    tabungan untuk masa depan 
  • Memahami dan mengelola pengeluaran, seperti membuat anggaran, mengurangi utang, dan        meningkatkan kesadaran akan gaya hidup konsumtif 
  • Mengatur arus keuangan, seperti mengelola pemasukan dan pengeluaran 
  • Mengetahui kesehatan keuangan, seperti melakukan evaluasi setelah pencatatan 
  • Memiliki dana darurat
  • Melakukan proteksi atau asuransi 
  • Melakukan investasi 
  • Menerapkan gaya hidup sederhana, seperti rajin menabung, belanja secukupnya, dan hindari utang yang besar


Simpelnya nih guys, kita punya mesin pencetak uang, tentunya yang legal.

Nah, kamu bisa cek kondisi pasif income kamu itu dari finansial check up. teman- teman jawab perhatikan report ini. Nah, kamu itu bisa melakukan financial check up di aplikasi aplikasi yang banyak digunakan. Caranya kamu banget? Pakai aja di menu perancangan keuangan dan fitur financial check up.

Baik kalau kita tidak kerja dari mana datangnya pemasukan?
Jadi ada 2 sumber pemasukannya, yaitu 

Uang kamu yang bekerja atau Aset kamu yang bekerja. 

Kalau uang yang bekerja disebutnya penghasilan investasi. Kalau aset yang bekerja kita sebutnya penghasilan pasif. 

Mari kita bahas satu persatu mulai dari penghasilan investasi.

Jadi penghasilan investasi atau investment income itu kampangnya uang kita bekerja dan menghasilkan pemasukan rutin. Rutin itu gimana sih? Bisa pemasukan bulanan? Bisa pertiga bulan? Bisa tahunan? Nah, teman- teman di videotape sebelumnya itu aku dah participating nih. 3 jenis
produk investasi. Masih inget kan? Nih loh, yang ngomongin liquiditas, ada capital gain dan juga cash inflow. Nah, kalau kita ingin investasi untuk financial freedom itu fokus aja sama investasi yang menghasilkan cash inflow.

Contohnya apa nih? Satu, yang menghasilkan interest income atau dari bunga investasi. Misalnya kamu invest di surat utang negara Indonesia. Ada ORI, ada SPR, suku kritil, suku tapungan dan lain sebagainya. Terus kemudian ada juga surat utang perusahaan atau disebutnya obligasi korporasi. Ada juga yang namanya reksadana terproteksi.

Ada juga yang namanya efek berakun aset dan ada juga yang namanya peer- to- peer lending. Dan yang kedua, selain interest income itu ada juga yang namanya tip income. Ya tau kan eh, penghasilan dari keuntungan usahanya kita atau perushaannya kita. Misalnya, tip saham, kamu punya saham yang ada di bursa efek. Kamu dapat dividendnya. Nah itu, atau kamu invest di equity growth backing. Nah, teman- teman.

No comments